Jumat, 04 Maret 2011

Kisah Amalan Rasulullah SAW ketika terjadi Gerhana Matahari

abiz n9ebaca himpunan Fadhilah Amal tentang beberapa amalan Rasulullah SAW,,, mw share d'dikit nii..
walaw sdikiit smoga biisa bermanffaat iia...

Suatu ketika terjadi gerhana matahari pada zaman Nabi SAW.. para sahabat r.hum ingin mengetahui apa yang disabdakan dan dilakukan oleh beliau ketika itu. mereka yang sedang sibuk bekerja pun segera lari dari pekerjaannya.  bahkan anak-anak kecil yang sedang berlatih memanah juga ikut berlarian. Beliau mendirikan dua rakaan sholat khusuf yang sangat panjang sehingga sebagian orang yang mengikuti nya terjatuh pingsan. dalam sholat itu, Nabi SAW. menangis dan berdoa, "Ya Rabb, bukankah engkau telah berjanji bahwa Engkau tidak akan menyiksa mereka selagi aku masih bersama mereka. dan berjanji tidak akan mengadzab mereka selama mereka sibuk beristigfar."

Didalam surat Al-Anfaal, Allah AWT. telah berjanji demikian:
"Dan Allah sekali-kali tidak akan mengadzab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan Allah tidak akan mengadzab meraka, sedang mereka meminta ampun." (Q.s. Al-Anfaal:33)

Kemudian Rasulullah SAW, berkhutbah, "jika kalian mengalami gerhana matahari atau bulan, segeralah shalat dengan rasa takut. seandainya aklian mengetahui keadaan hari akhirat seperti yang aku liaht, niscaya kalian akan sedikit tertawa dan banyak menangis. jika terjadi lagi seperti ini, dirikanlah sholat, berdoa, dan bersedekahlah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar